Jumat, 10 Desember 2010

Rp 18 miliar untuk kesehatan gratis

UNGARAN - Tiga sektor pembangunan akan menjadi prioritas Pemkab Semarang selama lima tahun ke depan, yakni kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Pemkab telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 18 miliar untuk membiayai pelayanan kesehatan gratis bagi pasien miskin pada 2011.
Bupati Semarang dr Mundjirin mengatakan, terobosan untuk sektor kesehatan lima tahun ke depan adalah memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk pasien miskin di RSUD Ungaran dan Ambarawa, termasuk revitalisasi posyandu. ’’Kesehatan punya peran penting bagi kehidupan masyarakat. Sehingga menjadi prioritas pelayanan, karena jika masyarakat sakit akan berpengaruh pada angka kemiskinan dan pengangguran,’’ katanya, kemarin.
Bupati menjelaskan, pemkab telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 18 miliar untuk pelayanan kesehatan gratis bagi pasien miskin di kelas III kedua rumah sakit tersebut. Dana itu berasal dari dana Jam-kesda dan Jemkesmas sebesar Rp 12 miliar, dan tambahan dana Rp 6 miliar dari APBD kabupaten untuk mendukung program pelayanan kesehatan gratis.
’’Kami juga melakukan subsidi silang dengan pasien yang dianggap mampu atau kaya untuk mendukung program tersebut,’’ jelasnya. Menurut Bupati, pemkab juga akan memprioritaskan pembangunan di sektor pendidikan. Pemkab akan memberikan beasiswa pada siswa miskin yang dianggap berprestasi untuk melanjutkan sekolah sampai minimal tingkat SMA. ’’Untuk prioritas pembangunan infrastruktur kami akan memperbaiki jalan-jalan rusak yang ada di Kabupaten Semarang secara bertahap,’’ imbuhnya. rbd/SR


0 komentar: